Senin, 12 Januari 2009

Sambutan Bupati Aceh Barat pada Pembukaan Kegiatan Perkampungan Anak (Gampong Aneuk)

Terlebih dahulu marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunianya kita masih dalam keadaan sehat wal afiat, sehingga masih dapat berhadir di tempat ini dalam rangka pembukaan Kegiatan Perkampungan Anak (Gampong Aneuk).

Terlebih dahulu marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunianya kita masih dalam keadaan sehat wal afiat, sehingga masih dapat berhadir di tempat ini dalam rangka pembukaan kegiatan Perkampungan Anak (Gampong Aneuk). Salawat dan salam kita persembahkan ke haribaan junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabat beliau yang telah membawa umat manusia dari alam kebodohan ke alam yang berilmu pengetahuan, berperadaban tinggi serta berakhlak mulia.

Yang kami hormati, Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan beserta rombongan, Bapak Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam atau yang mewakilinya, beserta rombongan, Danrem 012 Teuku Umar, pimpinan DPRD Kabupaten Aceh Barat, unsur Muspida Kabupaten Aceh Barat, para kepala dinas, badan dan kantor serta instansi vertikal yang berhadir, pimpinan KKSP beserta jajarannya, para pendamping, para pimpinan ormas, organisasi perempuan, para peserta jambore yang mewakili empat provinsi yang berhadir, anak-anak kami serta hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan selamat datang kepada Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan beserta rombongan di Bumi TUmar, sekaligus menyambut baik atas terlaksananya acara perkampungan anak (gampong aneuk), mudah-mudahan selama kegiatan berlangsung selalu dalam lindungan Allah SWT.

Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NAD yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Aceh Barat sebagai tempat penyelenggaraan perkampungan anak.

Rasa terima kasih yang mendalam juga kami sampaikan kepada keluarga besar KKSP yang telah mensponsori dan mendukung sepenuhnya terhadap pelaksanaan acara ini, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan dalam rangka pengembangan kreativitas anak.

Peserta dan hadirin yang berhagia.

Kehidupan anak merupakan kehidupan yang penuh dengan kegembiraan, canda ria, bermain dan belajar bersama antara sesama teman, sehingga suasana ini akan membangkitkan gairah hidup anak-anak untuk meniti masa depan yang lebih cerah dan bahagia.

Maka suasana kehidupan anak-anak ini perlu didukung oleh lingkungan yang baik, keluarga yang harmonis, sekaligus kita dapat memenuhi hak-haknya, sehingga mereka akan terus berkembang dengan baik, baik fisik maupun mentalnya.

Oleh karena itu melalui kegiatan jambore ini kita harapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa dan kreativitas anak, sekaligus dapat memahami wawasan nusantara dan wawasan kebangsaan serta dapat mengenal kehidupan alam terbuka, sehingga akan membuka wawasan mereka untuk berpikir dan berkarya sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kita perlu berupaya memenuhi hak-hak anak sesuai dengan hasil Konvensi Hak Anak PBB Tahun 1989 yaitu,

- Hak untuk bermain
- Hak untuk mendapatkan pendidikan
- Hak untuk mendapatkan perlindungan
- Hak untuk mendapatkan nama (identitas)
- Hak untuk mendapatkan status kebangsaan
- Hak untuk mendapatkan makanan
- Hak untuk mendapatkan akses kesehatan
- Hak untuk mendapatkan rekreasi
- Hak untuk mendapatkan kesamaan
- Hak untuk mendapatkan kesamaan
- Hak untuk memiliki peranan dalam pembangunan

Peserta dan hadirin yang berhagia.

Ada satu hal yang tidak dapat kita pungkiri, di mana dalam kehidupan ini masih banyak persoalan-persoalan yang dihadapi anak-anak yang sangat membutuhkan perhatian dan uluran tangan kita untuk membantunya, antara lain:

- Anak-anak marjinal tau anak jalanan yang hidup serba kekurangan, sehingga mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
- Anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu
- Anak-anak yang kehilangan orang tua atau mengasuh utamanya, akibat dari konflik dan bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami.
- Anak-anak korban kekerasan, eksploitasi dan trafficking
- Anak-anak yang hidup dari keluarga yang tidak harmonis (broken home)
- Serta masih banyak anak-anak yang hidup dalam suasana yang sangat memprihatinkan.

Dan tugas membentuk pribadi anak adalah kewajiban kedua orang tuanya, terutama sekali di lingkungan keluarga, lembaga pendidikan, lingkungan sekitar, di mana si anak berinteraksi untuk membentuk watak dan perilaku dalam rangka tumbuh kembang kepribadiannya.

Terhadap kondisi kehidupan anak yang demikian sangat diperlukan pembinaan dan bantuan yang memadai, tanamkan rasa keimanan yang mendalam, hak atas kelangsungan hidup, hak kasih sayang, hak memperoleh pendidikan dan hak memperoleh pelayanan kesehatan serta hak untuk memperoleh perlindungan, sehingga mereka akan menjadi generasi yang memiliki imtek dan imtak, sebagaimana undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Hadirin yang berbahagia.

Selanjutnya melalui jambore anak yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan langkah yang sangat tepat untuk berbagi informasi dan pengalaman dan diharapkan dapat memulihkan beban psikologis yang berdampak pada kepribadian anak sebagai generasi penerus harapan bangsa.

Untuk itu kepada anak-anak sekalian kami mengharapkan agar dapat berpartisipasi penuh dalam berbagai kegiatan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini, merupakan tanggung jawab moral terhadap keselamatan masa depan anak sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

Kemudian kepada Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan, kami mohon memberikan arahan dan bimbingan sekaligus membuka secara resmi perkampungan anak (gampong aneuk) ini.

Hadirin yang berbahagia.

Demikian beberapa hal untuk menjadi perhatian kita semua dan kepada KKSP serta semua pihak yang telah berpartisipasi penuh dalam mensukseskan acara ini, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Terima kasih.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bupati Aceh Barat

Ramli MS

posting yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar